Penerapan pembelajaran kooperatif tipe time token arends 1998 dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pandidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri Kota Tangerang Selatan

Main Author: Kurnia Mustika Mayang Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru. Akibatnya proses pembelajaran cenderung membosankan dan menjadikan siswa pasif dalam belajar. Maka dari itu, perlu kiranya dicarikan formula pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998. Pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998 yang secara pelaksanaannya siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota 2-6 siswa tiap kelompok. Setiap siswa diberi kupon bicara dan secara acak guru memanggil salah satu kelompok. Time Token Arends 1998 pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok dimana setiap siswa diberi kupon bicara, bicara disini bukan asal bicara akan tetapi bicara yang sesuai dan ada hubungannya dengan materi yang dibahas. Apabila siswa telah menghabiskan kuponnya, siswa itu tidak dapat berbicara lagi. Sudah barang tentu, ini menghendaki agar siswa yang masih pegang kupon untuk ikut berbicara dalam diskusi itu. Cara ini menjamin keterlibatan semua siswa. Cara ini juga merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998, 2) Untuk mengetahui adakah peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari sepuluh kelas, dalam penelitian ini diambil secara teknik sampling non probability model sampling purposive, dan hasil yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.10. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan rancangan one group pretest postest design. Berdasarkan analisis data yang diperoleh: Hasil analisis untuk keaktifan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998 tergolong baik yaitu dengan nilai rata-rata 3.901. Dan berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan �Wilcoxon� pada taraf vi signifikan 5% diperoleh Z sebesar 1,645 dan ZHit sebesar 4,931 berarti ZHit > Z. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa �penerapan pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends 1998 dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII.10 di SMP Negeri 2 Kota Tangerang Selatan�.