Minat baca siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah al-Fatimiyah pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Main Author: Darmiyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena minat baca anak Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Berdasarkan studi lima tahunan yang dikeluarkan oleh Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) pada tahun 2006, yang melibatkan siswa sekolah dasar (SD), hanya menempatkan Indonesia pada posisi 36 dari 40 negara yang dijadikan sampel penelitian. Ketersediaan waktu yang kurang, membuat anak kurang berminat untuk membaca. Kondisi sebagian anak yang kegiatan kesehariannya sudah sangat padat, tentu tidak memiliki waktu yang cukup untuk kegiatan membaca. Dalam proses pembelajaran, diasumsikan guru jarang menugaskan siswa untuk membaca, terutama dalam mata pelajaran yang materinya banyak mengandung bahan bacaan misalnya mata pelajaran sejaran kebudayaan Islam sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatimiyah dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Al- Fatimiyah terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong berdasarkan hasil angket yang peneliti berikan didapatkan data skor angket ratarata 28,44% yang berarti bahwa minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Al- Fatimiyah terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong sedang