Metode pengajaran Islam pada anak autis (studi pengajaran Agama pada Anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar Purba adhika Lebak Bulus Jakarta Selatan)
Main Author: | SUHATMAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Purba Adhika Lebak Bulus Jakarta Selatan bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk metode pengajaran yang diterapkan bagi anak-anak autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk metode deskriptif. Unit analisis adalah guru pengajar agama Islam dan siswa autis yang bersekolah di SD purba Adhika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh cukup baik dengan melihat hasil dari tes praktek yang diberikan oleh guru pengajar, Anakanak sudah mulai berkembang baik dari segi bina diri, prilaku dan pola interaksinya, tapi dari segi pemahaman masih dibutuhkan waktu yang agak lama bagi mereka untuk bisa memahami pelajaran. tetapi dari kebiasaan mereka sehariharinya di sekolah yang selalu mengucapkan salam kepada bapak ibu guru, bersalaman, berdoa sebelum dan sesudah belajar, berdoa sebelum dan sesudah makan, berwudhu dan mengikuti shalat zuhur berjamaah mengindikasikan bahawa mereka masih bisa untuk terus berubah.