Kepemimpinan orangtua dengan pembinaan akhlak siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Mampang Depok
Main Author: | SYURYANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Peran orangtua sangat mutlak diperlukan agar masa pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak dapat mencapai titik optimal. Orangtua harus mampu dan bisa menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya dan orangtua hendaknya menanamkan pola kepemimpinan yang memadai bagi anaknyaPenelitian ini bertujuan agar anak-anak memperoleh pendidikan dan pembinaan akhlak yang berkepribadian dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Mampang Depok. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : bahwa orangtua sebagai pemimpin memiliki peran sebagai teladan, motivator, dan penambah wawasan. Pertama seorang pemimpin rumah tangga hendaknya mampu dan sanggup memberi suri tauladan dan contoh serta bimbingan kepada anggota keluarganya. Keteladanan orang tua yang harus diberikan terhadap anak adalah keteladanan terutama keteladanan ibadah kepada Allah. Kedua orangtua yang baik adalah orang tua yang sanggup memberi kontrol,harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang memadai guna mendorong orang yang dipimpin secara mandiri. Adapun saran dalam skripsi ini sebagai berikut : Kepada orangtua hendaknya memperhatikan pola kepemimpinan dan pembinaan secara baik dan terus menerus terhadap akhlak anak, sehingga dalam diri anak tertanam kepribadian yang hakiki. Kepada guru agar bekerja sama dengan orang tua dalam membimbing siswa agar memiliki akhlak yang baik, melalui program yang disepakati bersama. Dengan bekerja sama yang baik antara sekolah, wali kelas/guru, dan orang tua sangat membantu tercapai tujuannya yang diharapkan bersama, yaitu terbinanya akhlak, watak dan kepribadian anak secara baik.