Pelaksanaan pendidikan agama islam dan efeknya terhadap pengalaman ibadah siswa :studi kasus di SMP attaqwa 06 Bekasi
Main Author: | HIDAYAT, Wahyu |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pendidikan agama Islam dimaksudkan untuk dapat menghasilkan peserta didik yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak. Dan menekankan kepada aspek keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah swt, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya. Pelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki pengetahuan lengkap tentang hukum Islam dan mampu mengaplikasikannya dalam bentuk ibadah kepada Allah swt. Dengan demikian siswa dapat melaksanakan ritual-ritual ibadah yang benar menurut ajaran Islam sesuai dengan ibadah yang dipraktekkan dan diajarakan oleh Rasuulullah saw. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif sedangkan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yaitu untuk mencari hubungan antara kedua variabel. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara menyebarkan angket yang berisi sejumlah pertanyaan tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam dan efeknya terhadap pengamalan ibadah siswa. Angket tersebut dibagikan kepada siswa dan jawabannya dihitung dengan rumus prosentase kemudian diolah dan dijelaskan secara deskripitif, setelah diperoleh hasil angket tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam dan efeknya terhadap pengamalan ibadah siswa, penulis menghitung kedua variabel tersebut dengan menggunakan product moment. Hal ini, untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut, sedangkan untuk mengetahui kesesuain hubungan kedua variabel tersebut penulis menggunakan rumus Koefisien determinan. Setelah penelitian dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian dengan angka 0,609 yang berarti terdapat korelasi yang positif antara pelaksanaan pendidikan agama Islam dan efeknya terhadap pengamalan ibadah siswa, di mana korelasi tersebut tergolong sedang atau cukup karena korelasinya berada pada rentang antara 0,40 � 0,70 berdasarkan dari tingkat kesesuaian pada kedua variabel tersebut, maka dapat diketahui dari koefision determinasinya adalah sebesar 37,0881% dan 62,9119% merupakan sumbangan dari variabel lain yang juga menunjang Pengamalan Ibadah Siswa.