Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah nonmuslim dalam membeli produk asuransi jiwa syariah: studi pada AJB Bumiputera 1912 divisi syariah, cabang Margonda
Main Author: | Winny Rahmawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Syariah dan Hukum
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim dalam membeli produk asuransi jiwa pada kantor cabang Margonda AJB Bumiputera 1912 Syariah. Beberapa faktor (variabel) tersebut terdiri dari sosial-ekonomi, produk, promosi, dan tarif/premi. Data ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada nasabah non muslim yang ada pada AJB Bumiputera Syariah cabang Margonda sebanyak 100 keusioner. Sesuai dengan pembagian sampelnya, teknik penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling methode. Kuesioner yang terkumpul sejumlah 80 kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis faktor yaitu untuk menemukan faktor (variabel) mana yang memiliki faktor paling dominan, serta untuk menemukan hubungan antar sejumlah variabel-variabel yang lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ke empat faktor (variabel) yang terdapat satu variabel yang mempunyai pengaruh kuat diantara varibel lainya. Diantara empat faktor (variabel) tersebut antara lain: sosial-ekonomi, produksi, promosi, dan tarif/premi dengan masing-masing memiliki nilai: sosial-ekonomi (0.111%), produksi (0.562%), promosi (0.707%), dan tarif/premi (0.471%). Satu variabel yang mempunyai nilai tertinggi yang dilihat dari hasil faktoring yaitu variabel Promosi yang memiliki nilai 0.707%. Artinya bahwa faktor (variabel) promosi merupakan faktor yang mempunyai pengaruh positif terhadap minat nasabah non muslim dalam membeli produk asuransi jiwa pada AJB Bumiputera 1912 Syariah cabang Margonda.