Pengaruh komunikasi instruksioanl terhadap keberhasilan belajar siswa di MTS al-ikhwaniyah pondok Aren Tengerang
Main Author: | FIRDAUS, Helmi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Daftar Isi:
- Proses komunikasi pada hakikatnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan). Ada dua hal yang penting dan harus diperhatikan dalam komunikasi, yaitu : Pertama, komunikasi sangat esensial dalam pertumbuhan keperibadian manusia. Kedua, komunikasi sangat erat kaitannya dengan prilaku dan pengalaman kesadaran manUSla. Untuk kegiatar. komunikasi, seseorang dapat melakukan komunikasi melalui berbagai lembaga atau pranata yang terdapat di masyarakat. Pada lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan formal komunikasi yang di gunakan biasanya sistem komunikasi inslruksional. Oalam sistem komunikasi instruksional, kebanyakan menggunakan bentuk komunikasi interpersonal, namlln ada juga yang menampilkan sistem instruksional bermedia (mediated .Iyslem) disamping sistem interpersonal. Oi karenakan sekolah merupakan pranata interaksionisme, yaitu tempat berinteraksi yang saling mempengaruhi diantara insan-insan yang terdiri atas guru dan siswa, maim komunikasi instruksional sangat diperlukan. Oalam proses belajar mengajar, sistem komunikasi instruksional dengan menggunakan bentuk interpersonal dipanda!lg lebih efektif, karena pola tersebut menggunakan model hubungan pertukaran sosial, peranan, permainan, dan interaksi. Komunikasi instruksional yang dilakukan gtlru merupakan modal untuk menciptakan proses belajar mengajar yang baik, karena dengan begitu proses belajar mengajar akan efektif dan efisien sehingga tqjuan pengajaran akan tercapai dan mendapatkan hasil belajar dengan prestasi yang maksimal. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi instruksonal dalam keberhasilan belajar siswa di MTs AI-Ikhwaniyah Pondok Aren. Oalam penelitian ini di1,,'unakan metode eksplanasi dengan tipe penelitian korelasional, yaitu Producllvfomenl Setelah dianalisa dengan menggunakan flUTIUS Product Moment, ternyata keberhasilan belajar (variabel Y) sangat besar dipengaruhi oleh variansi komunikasi instruksional (variabel X) dan hasil pengujian hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara komunikasi instruksional dengan keberhasilan belajar siswa di MTs AI-Ikhwaniyah Pondok Aren. Artinya komunikasi instruksioanal memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan bclajar siswa