Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar IPA pada konsep perubahan sifat benda (quasi eksperimen di SDN Kampung Bambu III Bojong Nangka Tangerang)

Main Author: Anna Yuliana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division) Pada konsep perubahan sifat benda terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kampung Bambu III Bojong Nangka Tangerang, Pada april 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah 32 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VB sebagai kelas Kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes hasil belajar dan lembar observasi.Hasil belajar siswa kelompok eksperimen (ratarata = 83,13 dan simpangan baku = 13,42) lebih tinggi dari pada kelompok kontrol (rata-rata = 75,31 dan simpangan baku = 9,93). Setelah dilakukan uji ��t�� diperoleh nilai thitung 2,48 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 1.671 atau thitung >ttabel.Maka dapat disimpulkan Ho ditolak. Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep perubahan sifat benda terhadap hasil belajar IPA diterima. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA pada konsep perubahan sifat benda