Penerapan pendekatan PMRI untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar (penelitian tindakan kelas di MI. Al-Karmaniyah Kota Tangerang)
| Main Author: | Nurhayati Alhamid |
|---|---|
| Format: | Bachelors |
| Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
| Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam suatu kelas yang memiliki kemampuan beragam, Penelitian ini dilaksanakan di MI. Al-Karmaniyah Kota Tangerang Tahun Ajaran 2012/2013. Subjeknya adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru, wawancara, jurnal harian siswa, catatan lapangan, tes akhir siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,75 pada siklus I menjadi 77,95 pada siklus II dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika sebesar 69,24% pada siklus I menjadi 87,89% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa
