Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar dengan Menggunakan Alat Peraga: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III MI Al-Khairiyah Jakarta Selatan
Main Author: | Usup Supriatna |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika pada materi Bangun Datar dengan menggunakan Alat Peraga di MI Al-Khairiyah Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran dengan menggunakan Alat Peraga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III di MI Al- Khairiyah Jakarta Selatan. Metode penelitian yangg digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reseach). Dengan sampel berjumlah 22 siswa kelas III. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pedoman Observasi, Pedoman Wawancara, dan tes hasil belajar Matematika pada materi bangun datar berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, pada siklus I terdiri dari 3 kali dan siklus II 3 kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktifitas siswa mengalami perubahan yang signifikan dan rata-rata pada siklus I berkisar 75,68 dan meningkat menjadi 81,64 pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran Matematika materi bangun datar.