Persepsi mahasiswa program studi manajemen pendidikan tentang efektivitas praktik profesi keguruan terpadu (PPKT)
Main Author: | AMALIA, Suci |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Manajemen Pendidikan yang terdapat di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan tentang efektivitas Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan angkatan 2007 dan 2008 yang berjumlah 121 orang dengan sampel 30% dari populasi yaitu 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik angket dengan menggunakan skala likert untuk mahasiswa dengan 5 alternatif jawaban dan wawancara kepada Pembantu Dekan bidang Akademik, Kepala Laboratorium, serta Ketua Prodi Manajemen Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persepsi mahasiswa prodi Manajemen pendidikan tentang efektivitas PPKT sebesar 73,67% dimana nilai tersebut berada pada kategori cukup. Dengan demikian pelaksanaan PPKT bagi prodi Manajemen Pendidikan belum sepenuhnya efektif untuk dilaksanakan.