Pelaksanaan bimbingan konseling dalam membina didiplin belajar siswa di MTs Pembangunan UIN Jakarta

Main Author: FARHANAH, Siti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Kegiatan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami diri, lingkungan, merencanakan masa depan serta bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya. Melalui kegiatan ini, siswa dibantu dibuka kesadaran dan keyakinannya bahwa dalam dirinya terkandung kebaikan-kebaikan & potensi positif yang dapat dimanfaatkannya. Dengan demikian, diharapkan disiplin belajar siswa dapat terbentuk dan terus melekat pada diri siswa dalam proses belajarnya sehari-hari, sehingga peserta didik sadar akan tanggungjawabnya sebagai seorang pelajar dan dapat menempatkan dirinya dilingkungan tempat ia berada seperti halnya sekolah yang tidak lepas dari berbagai aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program BK dalam membina disiplin belajar siswa di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program BK dalam membina disiplin belajar siswa di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Mei s.d 28 Juli 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan perolehan data dari hasil wawancara dengan Koordinator BK kelas VIII, Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi/Wali Kelas VIII C, serta penyebaran angket kepada 45 responden dari jumlah populasi kelas VIII sebanyak 224 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pelaksanaan Program BK dalam Membina Disiplin Belajar Siswa di MTs Pembangunan UIN Jakarta sudah berjalan cukup baik, dengan nilai rata-rata skor 72%. Dengan dilakukannya penelitian ini, peneliti memberi masukan agar MTs Pembangunan UIN Jakarta menambah ruang BK, serta menambah jumlah personil BK disesuaikan dengan jumlah siswa asuh, sehingga pelaksanaan kegiatan BK dapat berjalan lebih baik dan lebih kondusif.