Perbedaan perkembangan bahasa pada anak usia toddler di Rw 17 Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur dengan anak usia toddler di PSAA Balita Tunas Bangsa Cipayung

Main Author: Ratna Zakia Hasmy
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Bahasa adalah bentuk komunikasi pikiran dan perasaan agar anak dapat menyampaikan arti kepada orang lain. Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak toddler (1-3 tahun) adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa pada anak dapat dipengaruhi oleh lingkungan asuhan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan perkembangan bahasa pada anak usia toddler di RW 17 Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur dan di PSAA Balita Tunas Bangsa Cipayung. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 70 sampel, dimana 36 sampel berasal dari RW 17 Kelurahan Pisangan dan 34 sampel berasal dari PSAA Balita Tunas Bangsa Cipayung. Instrumen yang digunakan adalah KPSP aspek perkembangan bahasa & bicara anak usia 12-36 bulan. Teknik analisa data menggunakan uji fisher. Hasil penelitian menunjukkan pada anak usia 12 bulan ada perbedaan dalam mengatakan 2 suku kata yang sama (p value = 0,029) dan menggunakan 2 kata pada saat berbicara pada anak usia 36 bulan (p value = 0,029). Penelitian ini juga menggambarkan tidak ada perbedaan perkembangan bahasa pada anak usia 12 bulan (p value = 0,070), 15 bulan (p value = 0,486), 18 bulan (p value = 0,143), 21 bulan (p value = 0,464), 24 bulan (p value = 1,000; 0,429; 1,000), 30 bulan (p value = 1,000; 1,000; 0,558; 0,222) dan 36 bulan (p value = 0,592; 0,529). Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengasuhan dan ibu/pengasuh dapat memberikan stimulasi yang tepat agar perkembangan bahasa anak menjadi lebih optimal