Aplikasi kebudayaan indonesia untuk anak usia dini melalui Android Mobile

Main Author: Dicky Subianto
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Sains dan Teknologi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pada saat ini banyak sekali dari warga negara indonesia yang melupakan tentang kebudayaan indonesia. Dan perlu ditanamkannya informasi kebudayaan pada saat usia dini agar dari kecil dapat mengenal tentang kebudayaan indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi kebudayaan untuk anak usia dini yang bersifat mobile, dengan diterapkan pada perangkat lunak handphone. Kebudayaan yang ada diaplikasi ini terdiri fitur petunjuk, tentang aplikasi, kebudayaan, dan menu keluar. Serta ada 4 kategori kebudayaan yaitu tarian daerah, makanan daerah, rumah adat daerah, dan pakaian daerah. Metode bruteforce digunakan untuk melakukan pencarian kebudayaan pada aplikasi ini. Adapun metodologi yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) waterfall. Dalam mendesain aplikasi, penulis menggunakan Eclipse Indigo sebagai editor program. Android sebagai platform mobile serta SDK sebagai emulatornya. Terakhir dilakukan pengujian black box yang diterapkan pada jenis Tablet Smartfren Andromax dan LG Optimus L7