Sistem penjadwalan MERP (Multiple Exit Re-Entry Permit) visa tenaga kerja asing pada PT. XYZ berbasis web
Main Author: | Siti Haryati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penjadwalan MERP ( Multiple Exit Re-entry Permit) merupakan Izin masuk kembali untuk beberapa kali perjalanan.Multiple Exit Re-entry Permit (MERP) dapat digunakan berkali-kali sebelum masa tinggal yang berlaku berakhir, masa berlaku MERP tiap tenaga kerja asing yaitu 3 bulan. Pada pelaksanaannya, pembuatan jadwal MERP pada tenaga kerja asing di PT. XYZ pernah beberapa kali mengalami kelebihan masa tinggal (overstay). Sebelumnya penanganan menginput data penjadwalan MERP dengan menggunakan Microsoft Excel dapat menangani pendataan dan penjadwalan dengan baik, namun semakin lama kuantitas data semakin bertambah,panjangnya proses pengolahan data dan kesalahan pengolahan data sering terjadi. Seiring berkembangnya zaman maka PT. XYZ perlu memodernisasi sistem pengolahan dan penyimpanan datanya. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem penjadwalan baru untuk memperbaharui sistem penjadwalan MERP ( Multiple Exit Re-entry Permit) pada PT. XYZ menjadi lebih baik yaitu dengan sistem penjadwalan visa yang berbasis web localhost. Sehingga menghasilkan sistem penjadwalan yang dapat melakukan penjadwalan dengan tepat waktu untuk setiap tenaga kerja asing yang mempunyai waktu visa kerja yang berbeda, dan dapat menghindari kelebihan masa tinggal (overstay). Untuk perancangannya penulis menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu untuk merancang aplikasi pembuatan sistem penjadwalan pada PT. XYZ berbasis web. Object Oriented method sebagai metode pendekatan sistem dan Rapid Application Development (RAD) sebagai metode pengembangan sistem, PHP sebagai bahasa pemrograman, Apache sebagai web server, dan MySQL sebagai database-nya. Penulis berikutnya yang ingin mengembangkan sistem ini dapat membuat pengembangan sistem mengenai penjadwalan EPO (Exit Permit Only) dan kebutuhan-kebutuhan yang staf perlukan di masa mendatang.