Penggunaan algoritma dijkstra dalam pencairan rute tercepat dan rute terpendek studi kasus pada jalan raya antara wilayah Blok M dan Kota
Main Author: | FAUZI, Imron |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Kemacetan di Jakarta sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Banyak langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan tersebut, seperti pembangunan flyover dan underpass, pengoperasian jalur busway, pemberlakuan jam tree in one dan sebagainya. Akan tetapi kemacetan tetap saja masih sering terjadi sampai saat ini. Oleh karena itu diperlukan peran aktif dari pengguna jalan sendiri untuk dapat mengatasi kemacetan tersebut. Salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan mencari rute alternatif yang dapat dilalui. Sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai hal ini, namun belum bisa menjawab persoalan diatas karena kebanyakan penelitian tersebut hanya menggunakan parameter jarak tempuh. Oleh karena itu penulis mencoba membuat sebuah sistem yang menggunakan algoritma Dijkstra yang dapat menemukan jalur tercepat dan terpendek dengan menyertakan faktor kecepatan dan waktu tempuh perjalanan, ruang lingkup yang luas dan bersifat online. Adapun penggunaan algoritma Dijkstra karena algoritma ini dipastikan menemukan solusi terbaik dan memiliki kompleksitas yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan algoritma sejenis seperti algoritma Bellman Ford dan Floyd Warshall. Pada pengembangan sistem ini penulis menggunakan metode spiral model dan kode program dibuat dengan menggunakan framework Code Igniter (CI). Sistem ini memberikan keluaran berupa jalur tercepat dan terpendek dari tempat asal menuju tempat tujuan yang diinputkan oleh pengguna. Jalur tercepat dan terpendek tersebut dilengkapi dengan total jarak tempuh, waktu tempuh serta kecepatan rata-rata. Kata kunci : Algoritma Dijkstra, Rute Tercepat, Spiral Model Jumlah Halaman : 150 halaman Jumlah Daftar Pustaka : 30 sumber