Pengaruh self-esteem, dukungan sosial orangtua dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Al-Wahyu Jakarta Timur
Main Author: | Nining Tri Wahyuni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-esteem, dukungan sosial orangtua dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Al- Wahyu Jakarta Timur. Sampel berjumlah 140 siswa-siswi MTs Al-Wahyu Jakarta Timur yang diambil dengan teknik non-probability sampling. Uji validitas alat ukur menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan Multiple Regression Analysis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Untuk perhitungan statistik, peneliti menggunakan SPSS 17.0 dan LISREL 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-esteem, dukungan sosial orangtua dan manajemen waktu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Al-Wahyu Jakarta timur dengan memberikan kontribusi sebesar 27.5%. Namun, dilihat dari tabel koefisien, dari delapan independent variables hanya dua yang berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Al- Wahyu Jakarta Timur yaitu self-esteem dan manajemen waktu (p-value