Pengaruh strategi pembelajaran aktif teknik question student have terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa: penelitian quasi eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 11 Tangerang Selatan
Main Author: | Kania Amalia |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif teknik Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tangerang Selatan, Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Randomized Control group Post-test Only. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif teknik Question Student Have lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,24 lebih besar dari ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran aktif teknik Question Student Have berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.