Penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik pada materi kesebangunan dan kekongruenan

Main Author: Roudotul Hasanah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengkaji penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa SMP kelas IX pada mamateri kesebangunan dan kekongruenan, 2) Mengetahui aktivitas siswa dalam belajar matematika dengan bahan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan siswa kelas IX-B di MTs SA Raudhatut Tauhid dengan jumlah 33 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan oleh peneliti, soal tes kemampuan penalaran matematik, lembar observasi aktivitas belajar siswa, jurnal siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes di siklus I sebesar 58,23 meningkat di siklus II menjadi 65,59. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.