Penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve Create and Share) untuk meningkatkan disposisis matematik siswa
Main Author: | Pusti Lestari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengkaji 1) Bagaimana model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan disposisi matematik siswa, 2) Bagaimana peningkatan disposisi matematik siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model SSCS, 3) Bagaimana peningkatan hasil tes belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan SSCS. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jatisari tahun ajaran 2012/2013 pada bulan Maret 2013 � Mei 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala disposisi matematik, tes hasil belajar, wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan Model Pembelajaran SSCS dapat meningkatkan disposisi matematik dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor disposisi matematik siswa dari 68,69 pada siklus I menjadi 71,51 pada siklus II. Peningkatan mencangkup setiap aspek disposisi, yaitu ketertarikan, kepercayaan diri, kegigiha, fleksibilitas dan metakognisi siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menujukan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan di siklus II