Meningkatkan minat belajar metematika siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan tahapan belajar tandur: penelitian tindakan kelas di MTs Al- Islamiyah Ciledug Tangerang
Main Author: | NURHAYATI, Siti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari 1) Apakah model pembelajaran dengan tahapan belajar TANDUR dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa, 2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajara dengan tahapan belajar TANDUR pada pelajaran matematika, 3) Apakah model pembelajaran dengan tahapan belajar TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Al- Islamiyah Ciledug Kota Tangerang tahun ajaran 2010/ 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar matematika siswa, jurnal harian siswa, wawancara dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model p belajaran dengan tahapan belajar TANDUR dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 55, 6 % menjadi 77, 5 % pada si lus II. Selain itu, model pembelajaran dengan tahapan belajar TANDUR juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan ratarata hasil belajar matematika siswa 61,9 pada siklus I, 71,8 pada siklus II dan 80 pada tes akhir belajar. dan memberikan respon positif terhadap matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembel jaran dengan tahapan belajar TANDUR minat dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Kata Kunci : TANDUR dan Minat Belajar Matematika.