Pengaruh penggunaan permainan monopoli sebagai media pengajaran matematika terhadap minat belajar matematika siswa Sekolah Dasar studi eksperimen di SDIT Al-hikmah pela Mampang Kelas V pada pokok bahasan bangun datar
Main Author: | SYAHSIYAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Selain mempunyai sifat yang abstrak, pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran berikut media yang tepat dan sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Sampai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa untuk mempelajari konsep geometri, antara lain tentang persegi panjang dan persegi pada siswa kelas V sekolah dasar. Akibatnya terjadi kesulitan siswa untuk memahami konsep geometri selanjutnya karena konsep prasyarat belum dipahami. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penggunaan permainan monopoli sebagai media pengajaran dalam rangka meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Melalui uji coba pada dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dimana pada kelas kontrol siswa diajarkan tidak menggunakan media permainan monopoli sedangkan pada kelas eksperimen siswa diajarkan dengan menggunakan media permainan monopoli. Kata Kunci : Permainan, Media, Minat, Belajar Matematika