Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis metakognisi pada materi laju reaksi

Main Author: Sundaniawati Safitri
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis metakognisi pada salah satu materi pembelajaran Kimia di semester pertama untuk kelas 11, yaitu laju reaksi. Materi tersebut dipilih karena materi ini memuat metakognisi sebagai salah satu aspek yang harus dicapai yang terdapat pada Kompetensi Inti (KI). Metakognisi dianggap sebagai salah satu faktor yang berperan penting dalam membangun pengetahuan siswa. Oleh karena itu, lembar kerja siswa tersebut memuat komponen-komponen metakognisi seperti pengetahuan metakognitif dan regulasi metakognisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengikuti langkahlangkah sebagai berikut: (1) Menganalisis kebutuhan, (2) Menentukan tujuan instruksional, (3) Mengumpulkan materi, (4) Menyusun elemen, dan (5) Memeriksa dan menyempurnakan. Pada tahap terakhir, validitas isi divalidasi oleh pakar dan praktisi pendidikan. Penelitian ini mencakup pengembangan produk yang berupa LKS yang kemudian diuji coba pada 23 responden, yaitu siswa kelas XI MIA SMA Dharma Karya UT, Kota Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian diperoleh dua jenis data. Data pertama terkait dengan proses pengembangan produk berupa data deskriptif yang meliputi langkah-langkah dalam mengembangkan LKS. Selanjutnya, data kedua terkait dengan angket yang berkaitan dengan pengimplementasian LKS tersebut. Hasil dari angket tersebut adalah sebagai berikut: (1) Desain LKS 91,89%, (2) Segi tampilan 93,60%, (3) Kelayakan isi (materi) 89,10%, (4) Bahasa 87,81%, (5) Metakognisi 91,42%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metakognisi pada materi Laju Reaksi memenuhi kriteria ?Sangat Baik?.