Pengaruh project based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi (kuasi eksperimen di kelas XI SMA Negeri 87 Jakarta)

Main Author: Sri Wahyuni
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh Project Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian noneqivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 87 Jakarta semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil Uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Poject Based Learning (PBL) yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Poject Based Learning (PBL) hendaknnya memperhatikan karakteristik siswa, materi pembelajaran, dan pengaturan waktu untuk mendapatkan pengaruh Poject Based Learning (PBL) yang lebih signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis.