Penerapan pendekatan keterampilan proses melalui metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Giri Taruna

Main Author: Eneng Euis Sholihat
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan di SMP GIRI TARUNA dengan permasalahan yang diambil sesuai dengan pengamatan di lapangan, dimana proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah berpusat pada guru. Guru dijadikan satu-satunya sumber informasi sehingga anak-anak kurang kreatif dalam menjalani proses pembelajaran. maka penulis mendapatkan solusi yang bisa membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar-mengajar dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa melalui Pendekatan Ketrampilan Proses. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP GIRI TARUNA. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sedangkan instrument yang digunakan adalah instrument tes yang berupa pretes dan postes sedangkan instrument non tes berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada Setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil belajar siawa IPS. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai Pretest 36,42 dan Postest 58,28, sedangkan siklus II Pretest 53,14 dan Postest 79,71. Dan nilai N-Gain pada siklus I yaitu 0,34 sedangkan nilai N-Gain pada siklus II yaitu 0,57. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Diskusi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Giri Taruna