Penerapan model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI: Penelitian tindakan kelas di MA Khazanah Kebajikan

Main Author: Risti Anggraini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing pada mata pelajaran sosiologi. Dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing ini, diharapkan dapat membantu proses pemahaman siswa dalam proses kegiatan belajar sehingga secara otomatis memberi pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Oktober 2012, dengan melalui 2 siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS di MA Khazanah Kebajikan pada mata pelajaran sosiologi. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan ini dilakukan secara berulang dengan mengikuti tahapan siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing melalui penilaian tes (pre tes dan pos tes). Indikator dari peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing telah memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil perolehan rata-rata kelas pada siklus pertama sebesar 73,65. Sedangkan pada siklus kedua, hasil belajar siswa sebesar 81,67. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, penerapan model pembelajaran kooperatif metode bamboo dancing diharapkan dapat diterapkan oleh para pendidik sebagai inovasi dalam model pembelajaran sehingga dapat membantu proses kegiatan belajar siswa.