Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen dan pendekatan ekspositori melalui metode demonstrasi: quasi eksperimen pada kelas X SMA Negeri 2 Ciputat Tangerang
Main Author: | Miftahul Jannah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2007 yang bertempat di SMA Negeri 2 Ciputat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunkan pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen dan pendekatan ekspositori melalui metode demonstrasi pada konsep pencemaran dan perubahan lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen kuasi yang sampelnya masing-masing 36 siswa baik untuk kelas eksperimen maupun untuk kelas kontrol. lnstrumen yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 21 butir soal dengan penskoran 0-1. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus uji too, tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen dan pendekatan ekspositori melalui metode demonstrasi pada konsep pencemaran dan perubahan lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari harga thitung < ttabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,037 < 2,00.