Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV Penelitian quasi eksperimen di SD Putra Jaya Depok
Main Author: | Dini Annisa |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Putra Jaya, Depok pada kelas IV semester I tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes non-objektif (uraian). Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan rata-rata keterampilan menulis karangan narasi dengan tidak menggunakan media gambar berseri (kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 74,58. Rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 73.0952. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh ratarata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 86.7619 dan kelas kontrol sebesar 81.7143. Jumlah peningkatan kelas ekperimen berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 12,18% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 8,62%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test diperoleh thitung sebesar 0,008 pada taraf signifikansi < 0,05. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,008 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada kelas IV SD Putra Jaya Depok.