Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD

Main Author: Siti Chodijah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atau untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam di kelas IV MI Rabiah Al-Adawiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Rabiah Al-Adawiyah Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV MI Rabiah Al-Adawiyah Jakarta. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu sebesar 76% disiklus I kemudian meningkat sebesar 92% disiklus II. Oleh karena itu model penerapan pembelajaran ini mempunyai peranan yang cukup penting karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Rabiah Al-Adawiyah Jakarta.