Penggunaan media internet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (penelitian tindakan kelas di kelas IV MI. Al-Khairiyah)

Main Author: Mansur
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media internet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI. Al Khairiyah Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada penggunaan media Internet untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media Internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media Internet, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV masih dalam kategori rendah dengan angka presentase 58,82% jauh di bawah target minimal kelengkapan, sedangkan siswa yang belajar sungguh-sungguh hanya 3 siswa mendapat skor tinggi rata-rata 52,06. Setelah melakukan tindakan dengan menggunakan media Internet pada siklus I, nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,35% yang berarti bahwa ketuntasan target minimal sudah tercapai tetapi belum maksimal, dengan nilai rata-rata 72,35, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai tersebut hanya 20 siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pelaksanaan pengunaan media Internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, untuk menghindari anggapan bahwa hasil penelitian pada siklus I hanya kebetulan, peneliti melanjutkan penelitian ke dalam siklus berikutnya (siklus II) dengan hasilnya meningkat menjadi 82,65% yang berarti bahwa angka tersebut telah melampaui target minimal kelengkapan, dengan rata-rata nilai 61,76, dimana siswa yang mendapatkan nilai tersebut terdapat 21 siswa. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI. Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan.