Upaya meningkatkan keterampilan menulis bersambung melalui metode latihan terbimbing pada siswa kelas II MI Darul Muttaqin Cisalak Depok tahun pelajaran 2012/2013
Main Author: | Juriah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung. Adapun cara meningkatkan keterampilan siswa ini dilaksanakan melalui latihan terbimbing dengan pemberian tes praktik (kinerja). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darul Muttaqin yang berjumlah 25 orang tahun pembelajaran 2012-2013. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung adalah menggunakan instrumen tes yang berupa tes awal sebelum tindakan (pre action test) dan tes akhir setelah tindakan (post action test) dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan catatan lapangan. Metode pengumpulan data diperoleh melalui perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Observasi dilaksanakan bersamaan dengan tindakan, kemudian peneliti merefleksi hasil tes tersebut. Data-data nilai yang diperoleh ketika tindakan berlangsung diantara siklus I dan II dirata-ratakan, sehingga terlihat dengan jelas nilai perolehan siswa dalam setiap siklusnya. Adapun nilai yang diperoleh pada siklus I dengan rata-rata 72, dan siklus II dengan rata-rata 75, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan metode latihan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan siswa berada pada kategori berhasil pada siklus II, sehingga penelitian berakhir pula pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung. Siswa juga senang dengan digunakannya metode latihan terbimbing.