Keterampilan berbicara melalui metode diskusi kelompok terbimbing pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Al-Ittihadiyah Kalibaru - Cilincing

Main Author: Mudhofir
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan mengetahui bagaiman keterampilan berbicara melalui metode diskusi kelompok terbimbing pada pelajaran bahasa Indonesia. Proses analisa menggunakan data yang dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber kemudian mengadakan reduksi data. Data yang diolah diambil berdasarkan dari keterampilan keterampilan yang diberikan kepada siswa, keterampilan tersebut yaitu, keterampilan mengemukakan masalah diskusi, keterampilan dalam menggunakan bahasa dalam berdiskusi, keterampilan dalam menanggapi masalah diskusi, dan keterampilan dalam mengemukakan hasil diskusi. Siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Proses penelitian ini dilakukan setelah melakukan pertemuan selama enam kali. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah materi dengan pokok bahasan yang mudah dan dapat dipahami oleh siswa, sedangkan proses pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan langsung dengan menggunakan metode diskusi, sehingga dengan metode diskusi kelompok terbimbing tersebut peneliti mampu meneliti melalui proses jalannya diskusi tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, temuan, dan pembahasan diperoleh nilai 55,5 % siswa mampu mengemukakan masalah diskusi, mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam berdiskusi dan mampu menanggapi masalah diskusi. Sedangkan 47,2% siswa mampu menjawab pertanyaan dalam diskusi, dan mampu mengemukakan hasil diskusi jadi dapat disimpulkan bahwa melalui metode diskusi selain untuk meningkatkan keterampilan berbicara juga mampu meningkatkan prestasi anak karena mampu menguasai materi pelajaran yang telah didiskusikan