Peningkatan kedisiplinan siswa melalui keteladanan guru di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Sukabumi

Main Author: Nolis Nurbaeti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa, faktor pendukung dan penghambat siswa berperilaku disiplin dan bagaimana keteladanan guru berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa di MI Hidayatul Athfal Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah Naturalistic Inquiry. Untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta tanpa memanipulasi subyek yang diteliti. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep kedisiplinan yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Sukabumi sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya penurunan jumlah penyimpangan perilaku disiplin siswa yang dibina melalui pembiasaan, keteladanan serta melalui pengawasan. Guru senantiasa berusaha untuk meningkatkan kedisplinan siswa melalui keteladanan baik dalam sikap, tingkah laku maupun ucapan, sehingga dapat dicontoh dan diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari