Pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hash belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Jakarta
Main Author: | Intan Febri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di MI NURUL HUDA Kapuk, Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan sampel 50 siswa kelas V yang diambil dari 2 kelas yang berbeda. Kelas pertama (VA) menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dan kelas kedua (VB) menjadi kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan empat pilihan jawaban, serta angket. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan antara mean kelas eksperimen yaitu 73,44(pretest 43,52) dengan mean kelas kontrol yaitu 56,44(pretest 43,70). Hasil uji hipotesis dengan penghitungan uji t (a = 0,05) didapatkan nilai t-hitung (6,27) ~ 1-tabel (2,01), selain itu hasil dari angket menunjukkan 40% dari siswa memberikan respon cukup baik, sehingga hipotesis altematif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA, diterima