Penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di MI Mathla�ul Huda Lumpang Parung panjang

Main Author: Ahmad Holil
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah pembelajaran IPS di kelas V pada topik masalah-masalah sosial dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Proses pembelajaran IPS yang biasa dilakukan sampai saat ini masih banyak diwarnai dengan menggunakan model pembelajaran konvensional seperti ceramah. Metode ceramah itu lebih menitikberatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centre) sedangkan siswa hanya sebagai pendengar setia saja, yang pada akhirnya hasil belajar yang didapat siswa rendah dan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan. Agar proses pembelajaran IPS bagi siswa menjadi bermakna. Maka, guru harus dapat memilih metode, strategi pembelajaran yang bervariatif, cocok dan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPS pada topik masalah-masalah sosial di kelas V adalah dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam 2 siklus. Tindakan ini disertai dengan instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilakukan di MI Mathla�ul Huda Lumpang Parungpanjang dengan jumlah siswa 25 orang pada semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Materi yang dibahas dalam PTK adalah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes ojektif pilihan ganda (multiple choice), lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran, teknis analisis data secara komulatif hasil perhitungan rata-rata skor tes dan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran melalui metode bermain peran (role playing) dilaksanakan. Melihat hasil belajar yang diperoleh siswa dari tindakan siklus I dan II terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran (role playing) pada topik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V dapat dijadikan salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.