Peningkatan minat baca dengan kegiatan membaca buku cerita pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jagakarsa Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Luthfi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 6 Jagakarsa Jakarta Selatan, adalah hasil belajar dan minat baca siswa rendah. Untuk menjawab permasalahan itu tampaknya perlu diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Di antaranya melalui penelitian tindakan yang menerapkan metode membaca buku cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 6 Jagakarsa Jakarta Selatan sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan tes essay tertulis, angket minat baca siswa, dan observasi. Peningkatan minat baca siswa memahami buku cerita sangat baik. Pada pra siklus mencapai 63%, siklus I mencapai 87% dan siklus II meningkat menjadi 88%. Proses pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II dalam membaca cerita diikuti oleh siswa bersama kelompoknya mencapai nilai yang baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pra siklus mencapai 63, siklus I mencapai 77, dan siklus II mencapai 77. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 63, siklus I mencapai nilai rata-rata 71, dan siklus II mencapai nilai rata-rata 80. Pencapaian Nilai Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan adalah 70% siswa mencapai KKM 70. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM tersebut sebanayak sebanayak 15 siswa dengen persentase 42%. Pada siklus I sebanyak 20 siswa dengan persentase 56%. Pada siklus II sebanyak 28 siswa dengan persentase 78%. Berdasarkan nilai proses pembelajaran, hasil belajar, dan minat baca siswa maka dapat diketahui terjadinya peningkatan ke arah yang positif dan signifikan. Dapat dinyatakan penerapan metode membaca cerita dalam penelitian ini dapat dinyatakan berhasil