Peningkatan pemahaman siswa kelas IV pada konsep perubahan kenampakan permukaan bumi melalui pendekatan kontekstual

Main Author: Kholilah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan pendekatan kontekstual (CTL) pada konsep Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MI. TP Al Falah yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, instrumen penelitian ini berupa tes obyektif, lembar observasi siswa. Melalui analisis data pada siklus 1 dan siklus 2 diperolah nilai N-Gain 0,429 pada siklus 1 dan 0,436 pada siklus 2 Dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Uji Independent Sampel T. test dengan SPSS Versi 10. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas = 0,011 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan pendekatan kontekstual pada konsep perubahan kenampakan permukaan bumi