Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan Cooperative Learning Tehnik Number Head Together pada materi hidup rukun di MI Idzotun Nasyiien
Main Author: | Muhani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan Cooperative learning dengan teknik Number Head Together pada materi hidup rukun. Penelitian ini dilaksanakan di MI Idzotun Nasyiien kelas I sebanyak 28 siswa, pada semester 1 tahun ajaran 2012-2013 pada bulan Oktober sampai dengan bulan Nopember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal dengan Classroom Action Reasearch (CAR). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data berupa tes, Observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 7 siswa atau 25%, sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 75% dengan perolehan N-Gain 0,47 termasuk kategori sedang. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus II sebanyak 25 siswa atau sebanyak 85,71% dan terjadi peningkatan sebanyak 10,17%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar IPS khususnya materi hidup rukun