Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Al-Hasaniyyah
Main Author: | Saodah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS kelas IV MI Al-Hasaniyyah dengan menggunakan metode model Numbered Head Together (NHT). Responden dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa dan siswi kelas IV MI Al-Hasaniyyah. Rancangan pembelajaran IPS hendaknya diarahkan dan difokuskan sesuai dengan kondisi dan perkembangan potensi siswa agar pembelajaran yang dilakukan benar-benar berguna dan bermanfaat bagi siswa. Kecenderungan siswa untuk menanggapi pembelajaran yang diberikan dapat bernilai positif maupun negatif. Respon siswa dan minat siswa terhadap pembelajaran IPS dapat terlihat dari hasil tes yang diberikan. Hasil belajar IPS adalah hasil atau nilai tes dari soal yang diujikan pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes tertulis berupa test pretest dan postest. Data nilai siswa pada mata pelajaran IPS yang diperoleh yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan normalitas N-Gain hasil yang diperoleh adalah terdapat peningkatan sebesar 47 % maka Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Hasaniyyah. Dari hasil angket yaitu sebesar 77,93 % menunjukan bahwa lebih dari separuh siswa sangat setuju dengan metode pembelajaran yang dilakukan yaitu metode Numbered Head Together (NHT)