Pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya: Penelitian Kuasi Eksperimen pada kelas V MI Nur Attaqwa Jakarta Utara
Main Author: | Zaenab |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya. Penelitian ini dilakukan di kelas lima MI. Nur Attaqwa Jakarta tahun pelajaran 2011-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah 27 orang (kelas eksperimen) yang mengimplementasikan pendekatan guided inquiry dan 28 orang (kelas kontrol) yang mengimplementasikan pendekatan berpusat pada guru. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, pada taraf signifikasi 0,05 didapat hasil thitung > ttabel yaitu 2,65 > 2,00 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan guided inquiry berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.