Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan metode demonstrasi pada siswa kelas V di MI Bojongduren Sukabumi

Main Author: Soleh Sirojudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Suatu lembaga pendidikan akan dapat bersaing secara kompetitif apabila dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas peserta didik terlepas seperti apapun latar belakang siswa didiknya. Karena itu Guru dituntut menguasai metode pembelajaran yang beragam dengan tujuan agar bisa memilih metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang dihadapi. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di MI Bojong duren. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode Demontrasi pada pembelajaran ini, diharapkan minat belajar siswa terus meningkat, sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode demontrasi dalam upaya meningkatkan minat membaca pada pembelajarana Bahasa Indonesia kelas MI Bojongduren, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode demontrasi dalam meningkatkan minta belajar membaca puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) Mendeskripsikan proses dan mengevaluasi pembelajaran dengan menerapkan metode demontrasi dalam meningkatkan minat belajar membaca puisi di MI bojong duren. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Sehingga hasil dari peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Puisi dapat di lakukan dengan metode demontrasi.