Pengaruh penggunaan lagu-lagu terhadap peningkatan jumlah kosa kata Bahasa Inggris murid TK B: Di TK Kuncup Kecana Pondok Bambu Jakarta Timur

Main Author: Fitri Rachma Mulyanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan lagu-lagu terhadap peningkatan kosakata Bahasa Inggris anak di TK B. Seberapa besar kontribusi yang diberikan dan apakah pengaruhnya signifikan atau kurang signifikan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2012 di TK Kuncup Kencana Pondok Bambu Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Karena penelitian ini dilakukan terhadap seluruh anggota populasi maka tidak terdapat sampel penelitian. Objek penelitian berjumlah delapan belas siswa dengan menghitung jumlah kosakata sebelum penggunaan lagu-lagu kemudian diberi tes lagi setelah diberikan pembelajaran dengan lagu-lagu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, yang diperoleh hasil t-hitung dan t table pada taraf signifikansi 5% sebesar. Dengan demikian t hitung > t table. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lagu-lagu terhadap jumlah kosakata Bahasa Inggris siswa TK B. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil test, juga sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan lagu-lagu yang menarik dan menyenangkan.