Meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV di MI Adda'wah Sukabumi melalui metode inquiry: Penelitain Tindakan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Adda'wah Sukabumi
Main Author: | Cucup Supriadi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Proses belajar mengajar yang di selenggarakan di sekolah atau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri siswa secara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan pemahaman dan keterampilan atau sikap.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Inquiry mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Adda�wah Sukabumi. Penelitian ini dilakukan di MI Adda�wah Sukabumi Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas, perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Adda�wah Sukabumi. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa, dapat dilihat melalui angket motivasi. Hasil perhitungan angket pra siklus menunjukkan motivasi belajar siswa sebesar 61%, siklus 1 sebesar 74%, dan siklus 2 sebesar 88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari pada metode konvensiona