Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT: Penelitian Tindakan Kelas di MI Jamiatul Gulami Cipondoh Tangerang
Main Author: | Munawaroh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPA, yaitu pada materi Sumber Daya Alam. Penelitian ini dilaksanakan di MI Jamiatul Gulami Kota Tangerang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui 2 siklus. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus N-gain, yaitu N-gain= Nilai Post test � Nilai Pre test/Score ideal � Nilai Pre test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai N-gain yaitu 0,46 yang berkategori sedang dengan presentase nilai N-gain 20% pada kategori rendah, 65% pada kategori sedang dan 15% pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar 80%. Sedangkan pada siklus II,tingkat ketuntasan belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai N-gain 0,66 dengan kategori sedang dengan presentase nilai N-gain 55% pada kategori sedang, dan 45% pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Jika dibandingkan pada siklus I dan siklus II, terlihat penigkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together), sehingga dapat dsimpulkan bahwa indikator pada penelitian ini pun tercapai