Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada Mata Pelajaran IPS di kelas IV MI Sindangsari Sukabumi

Main Author: Iceu
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar yang di selenggarakan di sekolah atau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri siswa secara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan pemahaman dan ketrampilan atau sikap. Proses belajar mengajar di sekolah atau dilembaga formal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Lingkungan tersebut antara lain meliputi: siswa, guru, karyawan sekolah, bahan atau materi pelajaran atau buku paket, media, sumber belajar lain yang mendukung dan fasilitas belajar. Media audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi), meliputi media yang dapat dilihat, didengar dan yang dapat dilihat dan didengar. Penekanan utama dalam pengajaran audio visual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman kongkret, tidak hanya didasarkan atas kata-kata belaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar serta penerapannya pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Sindangsari. Penelitian ini dilakukan di MI Sinangsari jalan Parungkuda No 32 Desa Sindangsari Kecamatan Kabupaten Sukabumi. Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas IV, Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual pada mata pelajaran IPS dengan kondisi belajar siswa khususnya siswa kelas IV MI Sindangsari yang lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat secara kuantitatif adalah perbandingan dari siklus I 47,62% dan siklus II 80,95% jadi hasil observasi lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,33%. Sedangkan bukti secara kualitatif adalah dapat dijelaskan dan banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan media audio visual ini tumbuhnya motivasi, konsentrasi siswa pada mata pelajaran, suasana kelas menjadi hidup. Dengan demikian, bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.