Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI. Sirojul Athfal 1-Kota Depok

Main Author: Marianah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI. Sirojul Athfal 1 Kota Depok tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat cahaya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menerapkan desain tindakan berdasarkan prinsip-prinsip desain pembelajaran inkuiri diantaranya adalah menggunakan pertanyaan yang mengarah pada inkuiri, melakukan observasi, menghasilkan produk dan komunikasi. Pada saat menggunakan pertanyaan yang mengarah pada inkuiri, melakukan observasi,menghasilkan produk dengan kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok. Sedangkan, langkah komunikasi dilakukan dengan kegiatan diskusi kelas. Darihasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sifatsifat cahaya. Rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 75,6 pada siklus I dan 77,2 pada siklus II.