Peningkatan Minat Baca Melalui Peran Perpustakaan pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa'adah Jakarta Selatan
Main Author: | Fadlani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data dan fakta tentang sejauh mana hubungann antara peningkatan minat baca siswa dengan adanya perpustakaan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah. Salah satu langkah yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan perlu adanya kegiatan membaca. Untuk mengembangkan budaya membaca siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah diperlukan adanya minat membaca. Dengan adanya perpustakaan di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah Jakarta maka diharapkan dapat membantuy meningkatkan minat baca siswa khususnya kelas III, serta sebagai penunjang proses belajar mengajar. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan pengumpulan data. Setelah data dianalisis maka memperoleh hasil, bahwa siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah Jakarta sering berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam buku. Selain itu para siswa juga berminat membaca buku di perpustakaan sekolah sebesar 95%. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa minat baca yang dimiliki siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah adalah tinggi. Hal ini menandakan bahwa perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah berperan meningkatkan minat baca siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussa�adah J