Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak benda dan energi: Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas III MI Sirojul Athfal 1 - Kota Depok

Main Author: Masitoh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran agar hasil belajar IPA siswa dapat meningkat dilakukan dengan memberikan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah dengan penerapan metode eksperimen. Prinsip desain metode eksperimen terdiri dari tujuh prinsip yaitu kemampuan kerja sama, otonomi kelompok, interaksi bersama, keikut sertaan bersama, tanggung jawab, ketergantungan positif dan kerjasama merupakan suatu nilai. Penerapan metode eksperimen secara berkelanjutan yang dilaksanakan dalam dua siklus terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata pencapaian hasil belajar siswa pada konsep gerak benda dan energi pada awal sebelum dilaksanakannya tindakan, rata-rata pencapaian hasil belajar siswa yaitu 5,60 dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 73, 25 dan siklus II menjadi 86,00. Begitu pula jumlah siswa yang mencapai KKM (70) dalam pencapaian indikator keberhasilan siswa mengalami peningkatan 88% siswa dari indikator keberhasilan yang ditentukan sebanyak 80% siswa, atau sebanyak 17 orang siswa dari keseluruhan jumlah siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan.