Upaya peningkatan minat baca siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah melalui metode pembelajaran konstruktif dengan penggunaan media kartu huruf: Penelitian tindakan kelas di MI tarbiyatul Athfal Jakarta
Main Author: | Wardah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Membaca merupakan syarat penting untuk bias memahami dan mengikuti perkembangan pengetahuan yang ada di dunia. Pada pembelajaran di sekolah dasar (SD) membaca adalah kunci untuk keberhasilan pada kelas berikutnya. Jika tidak bisa membaca, maka siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami materi-materi yang lain. Persoalan di atas menginspirasikan perlunya dilakukan penelitian penggunaan media kartu huruf melalui pembelajaran konstruktif pada siswa kelas I MI Tarbiyatul Athfal. Perlu diadakan penelitian tentang Penggunaan Media Kartu Huruf melalui Pembelajaran konstruktif untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas 1 MI Tarbiyatul Athfal. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Penerapan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan dalam pembelajaran membaca di kelas MI Tarbiyatul Athfal Kecamatan Cakung meningkatkan aktivitas dan semangat belajar siswa. (2) Dampak setelah penerapan media kartu huruf dan kartu kata melalui metode pembelajaran konstruktif dalam pembelajaran membaca di kelas I MI Tarbiyatul Athfal Kecamatan Cakung adalah peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Pada kegiatan pratindakan, rata-rata hasil belajar siswa 70,45, siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,91, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,91. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 68,18% meningkat menjadi 95,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang baik, maka disarankan kepada: (1) Guru kelas I hendaknya menggunakan media kartu huruf dan kartu kata sebagai alternatif media dalam pembelajaran membaca dan menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran misalnya permainan; (2) Sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bias tercapai dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal; (3) Siswa hendaknya lebih sering berlatih membaca di mana saja dan kapan saja.