Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pesawat sederhana melalui model cooperative learning tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
Main Author: | Murita |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V pada konsep pesawat sederhana melalui metode Student teams achievement divisions (STAD). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengumpulkan data dan menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Adapun penerapan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran IPA pada konsep pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan ketuntasan hasil belajar dengan rumus Normalized Gain, di peroleh N-gain 0,42 yang berkategori sedang pada siklus I dengan ketuntasan belajar 59,09%, sedangkan pada siklus II, di peroleh N-gain 0,67 yang berkategori sedang dengan ketuntasan belajar 81,82%. Dimana hasil pada siklus II ini sudah mencapai target yaitu siswa yang mencapai nilai KKM (65) diatas 75 %.